Monumen Panglima Jendral Sudirman | Laporan Kunjungan Sejarah


LAPORAN KEGIATAN
KUNJUNGAN SEJARAH
SEJARAH INDONESIA



 










Kelompok
Fitrotul Azizah               (13)
Ikafatimah Sophieyati   (15)
Jaka Lindu Setyawan     (17)
Meullina Margi Feny      (22)
Nadia Mega Utami          (24)
XI Multimedia

Kata Pengantar


Assalamualaikum Wr. Wb
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah swt., karena atas llimpahan rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan laporan sejarah ini sesuai waktunya.
         Laporan ini disusun guna memenuhi tugas yang telah di berikan oleh guru pengampu mata pelajaran Sejarah Indonesia kami. Laporan ini berisi tentang “Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman Di Bejiharjo”. Disamping itu, kami berharap semoga laporan ini dapat menambah pengetahuan kami dan yang mambacanya.
Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan sejarah ini kami masih memiliki banyak kekurangan. Sehingga, kami berharap saran dan kritik dari pembaca, khususnya dari guru pembimbing mata pelajaran sejarah Indonesia kami agar dalam penyusunan laporan berikutnya kami dapat memperbaikinya.
         Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam menyusun laporan sejarah ini.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Penyusun



BAB I

PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang Kegiatan

Kunjungan ke situs “Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman” merupakan salah satu tugas dari sekolah. Kunjungan ini di ikuti oleh 5 orang siswa dari kelas XI Multimedia.
Dipilihnya “Monument Panglima Besar Jendral Sudirman” ini di karena letakknya yang strategis diantara rumah rumah dari anggota kelompok kami. Selain itu, dengan mengunjungi situs ini dapat menambah wawasan kami mengenai situs sejarah yang ada di daerah kami, khususnya daerah Karangmojo, Gunungkidul.

2.      Manfaat Kegiatan

Dengan kami mengunjungi “Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman” kami dapat mengenal peninggalan pahlawan kita. Selain itu, kami dapat menghargai bagaimana perjuangan para pahlawan demi merdekanya Indonesia. 
Mengetahui kondisi monumen panglima besar jendral sudirman juga menyadarkan kami bagaimana cara menjaga suatu peninggalan sejarah serta seberapa pentingnya suatu peninggalan sejarah sebagai tanda perjuangan pahlawan



BAB II

ISI

1.      Letak Situs

Situs sejarah monumen panglima besar jendral sudirman terletak di kompleks wisata Goa Pindul, Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Untuk mencapai monumen ini kami harus menaiki kurang lebih 180 buah anak tangga yang dipenuhi daun daunan yang berserahkan.  Monumen ini terletak diatas bukit, ketika kita telah mencapai “Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman” ini kita dapat melihat pemandangan yang ada disekitar yang masih asri dipenuhi dengan pepohonan.

2.      Sejarah Situs

“Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman” ini berupa tugu yang menjulang setinggi kurang lebih 3 meter. Monumen ini didirikan pada tahun 1966 untuk mengenang jasa Panglima Besar Jendral Sudirman.
Pada monumen ini terdapat enkripsi yang bertuliskan “ peristiwa 10 maret 1949. Markas komando pemerintahan militer Kabupaten Gunungkidul yang terletak di Desa Gelaran diserbu dan dibakar oleh tentara Belanda”.
Alasan sejarah mengapa monumen ini didirikan adalah seperti yang dituturkan salah satu warga di sana yang bernama Karmanto Hadi Kusuma, beliau mengatakan bahwa dahulu tempat tersebut merupakan rumah persembunyian Jendral Sudirman ketika dikejar Belanda. Dimana merupakan salah satu rute geriliya Jendral Sudirman.
Mulanya Jendral Sudirman dari  Parangtritis menuju Gunungkidul, melalui Panggang. Jendral Sudirman menunggangi kuda serta mengenakan pakaian layaknya petani serta membawa cangkul dan sabit, sehingga tidak ada yang mengenali. Dahulu Jendral Sudirman melalui rute memutar hingga ke Wiladeg, Karangmojo dan singgah di sebuah ladang, yang saat ini letaknya di belakang Balai Desa Wiladeg. Kemudian melanjutkan perjalanan sampai ke Gelaran dan sampai di rumah yang menjadi tempat singgahnya selama beberapa hari.  namun sayang, salah satu warga ada yang menjadi mata-mata Belanda dan melaporkan keberadaan Jendral Sudirman. Setelah Belanda mengetahui  tempat persembunyian tersebut mereka membakar tempat tersebut. Namun, hebatnya Panglima Besar Jendral Sudirman dapat lolos dari sergapan tersebut.
Monumen ini menjadi penanda sejarah peristiwa pengenboman Belanda di Desa Bejiharjo. Pengeboman dilakukan karena daerah tersebut merupakan rute gerilya Panglima Besar Jendral Sudirman ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari Agresi Militer Belanda.

3.      Kondisi Situs Saat Ini

Kondisi “Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman” saat ini cukup memprihatinkan. Ketika kami melewati anak tangga yang tersedia terdapat banyak sampah dedaunan yang menumpuk dan cukup mengganggu. Setelah sampai di pelataran monumen tersebut, disana juga terdapat beberapa sisa sampah makanan. Selain itu di monumen itu sendiri terdapat sisa tulisan dan coretan tangan-tangan jahil yang mengotori monumen tersebut.
Seharusnya sebagia masyarakat serta warga Negara Indonesia yang baik kita harus menjaga peninggalan sejarah tersebut. Dengan menjaga peninggalan sejarah tersebut sama saja kita mengharagai perjuangan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Bangsa Indonesia .

4.      Dokumentasi


Monumen Panglima Besar Jendral Sudirman
Enkripsi Pada Monumem Panglima Besar Jendral Sudirman

BAB III

PENUTUP
Demikianlah laporan sejarah yang dapat kami susun. Kami berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat dan memberikan informasi bagi pembacanya. Dalam kami menyusun laporan ini tentu masih banyak kekurangannya, kami berharap agar Anda sebagai pembaca dapat memberikan respon berupa kritik dan saran.
            Selain itu, kami mengucapkan terimakasih  kepada pihak yang telah membantu menyusun laporan ini.  Terimakasih kepada para pembaca yang telah bersedia mebaca serta memberikan kritik dan sarannya.
Semoga kita sebagai generasi muda dapat menghargai perjuangan para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Negara kesatuan republik Indonesia ini dengan senantiasa menjaga kesatuan dan persatuan Negara Indonesia dan menjaga peninggalan para pahlawan.














Popular posts from this blog

Contoh Proposal seni Budaya : Pertunjukan Seni Musik

Contoh Proposal Usaha Kewirausahaan

Resep dan Cara Membuat Ice Milk Jelly | Jeli Susu