Menyusun Teks Cerita Sejarah Nelson Mandela


Menyusun Teks Cerita Sejarah


Kerangka rentetan peristiwa teks cerita sejarah yang akan disusun menjadi teks cerita sejarah
No
Waktu
Rentetan Peristiwa
1
Mei 1999
Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela mengumumkan niatnya untuk mundur dari jabatannya setelah masa jabatannya berakhir.
2
2 Juni 1999
Afrika Selatan menyelenggarakan pemilu kedua era demokrasi multiras.
3
6 Juni 1999
Nelson Mandela menyambut kemenangan Partai kongres Nasional Africa(ANC) Thabo Mbeki sebagai presiden Afrika Selatan yang baru.
4
2001
Nelson Mandela menjalani perawatan untuk kanker prostat.
5
1 Juni 2004
Mandela mengumumkan pensiun dari kehidupan publik.
6
11 Juli 2010
Mandela tampil terakhir di depan publik pada penutupan Piala Dunia 2010.
7
2011 -2013
Mandela menjalani perawatan karena infeksi pernafasan akut, infeksi saluran pernafasan, dan infeksi paru paru.
8
8 Juni 2013
Nelson Mandela dilarikan kembali ke rumah sakit karena infeksi paru-paru.
9
2 September 2010
Mandela diperbolehkan pulang kerumahnya setelah dirawat hampir tiga bulan di rumah sakit.
10
5 Desember 2013
Nelson Mandela menghembuskan nafas terakhirnya setelah beberapa lama dirawat di rumah sakit karena infeksi paru paru.

Perjalanan Mandela
            Nelson Mandela atau Rolihlala Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan pada 1994. Mandela juga dikenal sebagai tokoh revolusioner yang anti akan diskriminasi orang berkulit hitam. Nelson Mandela mengumumkan mengundurkan diri dari jabatannya setelah masa jabatannya berakhir pada Mei 1999.
            Setelah Mandela mundur dari jabatannya, Afrika Selatan menyelenggarakan pemilu kedua era demokrasi multiras yang dimenenangkan oleh Thabo Mbeki pada 2 Juni 1999. Nelson Mandela menyambut kemenangan partai ANC dengan Thabo Mbeki sebagai pemenang pada 6 Juni 1999.
            Meskipun mengundurkan diri dari jabatannya, karir Mandela tetap bersinar. Sayangnya pada 2001 Nelson Mandela di kabarkan menjalani perawatan untuk kanker prostat yang dideritanya.Kondisi kesehatan Mandela yang semakin menurun siusianya yang ke 85 tahun, menyebabkan Mandela memutuskan untuk mengumumkan bahwa ia pensiun dari kehidupan publiknya.
            Pada 2010 Afrika Selatan terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia. Terpilihnya Afrika Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia tidak terlpas dari pengaruh popularitas Mandela. Mandela tampil di hadapan publik untuk terkahir kalinya pada 11 Juli 2010 pada penutupan perhelatan akbar Piala Dunia.
            Dalam rentet waktu tiga tahun, 2011 – 2013 Mandela berakali-kali dilarikan ke rumah sakit. Mandela dilarikan ke rumah sakit karena mengalami infeksi saluran pernafasan akut. Selain infeksi pernafasan akut, Mandela juga menderita infeksi saluran pencernaan dan infeksi paru paru.
            Kondisi Mandela yang semakin memburuk dalam beberapa bulan menyebabkan ia dilarikan ke rumah sakit pada 8 Juni 2013 karena infeksi paru-paru yang di deritanya.  Mandela mendapatkan perawatan medis dari para ahli dan diperbolehkan pulang pada 2 September 2013 setelah hampir tiga bulan mendaptkan perawatan di rumah sakit.
            Pada 5 Desember 2013 Nelson Mandela menghembuskan nafas terakhirnya di usia yang ke 95 tahun. Mandela meninggal setelah beberapa lama dirawat di rumah sakit karena infeksi paru paru yang di deritanya. Seluruh dunia berduka atas kepergian tokoh besar dunia ini. Hampir 100 kepala Negara menghadiri upacara penghormatan resmi yang berlangsung dibawah guyuran hujan deras di Stadium FBN, Suweto pada 10 Desember 2013. Sebelum dimakamkan jenazah Mandela disemayamkan di Union Buildings di Pretoria selama tiga hari. mandela dimakamkan dengan adat Xhosa di sebuah makam di desa Qunu, 15 Desember 2013.

Popular posts from this blog

Contoh Proposal seni Budaya : Pertunjukan Seni Musik

Contoh Proposal Usaha Kewirausahaan

Resep dan Cara Membuat Ice Milk Jelly | Jeli Susu