Majas | Majas Penegasan

Assalamualaikum temanteamn, kembali lagi. apa kabar kalian? kali ini kami akan berbagi kelanjutan dari postingan majas yang kamarin yaa. Karena kemarin majas perbandingan, pertentanga dan sindiran sudah, kelanjutannya dalah majas penegasan. Untuk yang lihat postingan majas perbandingan bisa di klik disini dan untuk majas pertentanga dan sindiran disini yaa. Langsung ke majas penegasan saja yukk

MAJAS

Majas atau gaya bahasa adalah cara pengarang atau seseorang menggunakan berbagai jenis bahasa sebagai alat mengekspresikan perasaan dan pikiran yang terpendam. Menurut Henry Guntur Traingan, majas dapat di bagia menjadi empat jenis, yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Pembahasan macam macam majas penegasan adlaah sebagai berikut :

Majas Penegasan 

Majas pleonasme

Majas pleonasme adalah ajas yang ditandai dengan kata bermakan denotasi atau bermakna lugas dan dipertegas lagi di kaliamt berikutnya. Contoh majas pleonasme adalah ayo Raka, giliranmu maju.

Majas repetisi

Majas repetisi adalah majas yang menggunakan kata berulang pada suatu kalimat. Contoh majas repetisi adalah sekarang, saat ini, detik ini juga aku harus bisa.

Majas paratelisme

Majas paratelisme adalah majas perulangan satu kalimat dan tersusun dalam barisan kata berbeda. Contoh majas paratelisme adalah : Senja ini begitu manis. Senja ini begitu indah

Majas tautologi

Majas tautologi adalah majas dimana terdapat perulangan sinonim. Contoh majas tautologi : kamu seharusnya bisa uat dan tegar.

Majas klimaks

Majas klimaks adalah majas yang mengungkapkan kalimat berturut turut  dan semakin meningkat. Cobbtohmajas klimaks adalah, Dari kecil hingga dewasa, makanan kesukaannya masih sama.

Majas antiklimaks

Majas antiklimaks adalah majas dengan kata yang berturut turut semakin menurun. Contoh majas antiklimaks adalah, Camat, lurah, bahkan RT mampu berkoordinasi dengan baik.

Maajs retorik

Majas retorik adalah majas yang tidak memerlukan jawaban. Contoh majas retorik adalah, Haruskan saya mengajarkan materi SD pada mahasiswa?

Majas ellipsis

Majas ellipsis adalah majas majas yang menghilangkan unsur dalam kalimat. Contoh majas elipsisi adalah, Ibu ke pasar. (biasanya menggunakan predikat menjadi ibu belanja ke pasar, namuan predikat belanja di hilangkan).

Majas koreksio

Majas koreksio adalah majas untuk menarik perhatian dengan menyanggah kalimat sebelumnya, dan memunculkan kalimat baru sebagai pembenaran.

Majas invers

Majas invers adalah majas yang terdapat pengganti dalam susunan kalimatnya. Contoh majas invers adalah ayah saya dokter, dokter ayah saya.

Majas interupsi

Majas interupsi adalah munculnya keterangan tambahan pada masing masing unsur kalimat. Contoh majas interupsi adalah,  Wanita yang tadi kemari, membawa tas besar.

sekian ya teman teamn pembahasan tenatng majas. 
Wassalamualaikum.

Popular posts from this blog

Contoh Proposal seni Budaya : Pertunjukan Seni Musik

Contoh Proposal Usaha Kewirausahaan

Resep dan Cara Membuat Ice Milk Jelly | Jeli Susu