Teknik Mengolah Makanan

Haloo, Kembli lagi, seperti yang di janjikan kemarin di postingan sebelumnya, kita akan share tentang teknik mengolah makanan , langsung aja ya, karena tekniknya cukup banyak ga perlu basa basi

Teknik Mengolah Makanan

Teknik Memasak Basah

Merebus 

Merebus (boiling) adalah memasak bahan makanan di dalam cairan (air, susu, kaldu) mendidih kurang lebih 100C. Alatyang digunakna yaitu panci bertutup. Banyak sedikitnya air dan lamanya merebus tergantung pada bahan makanan yang di rebus. teknik merebus dibagi menjadi dua yaitu :
  1. simmering, adalah teknik merebus bahan makanan sampai titip didih kurang lebih 100C lalu api dikecilkan kerang dari 100C, contohnya dalah membuat kaldu
  2. Poaching, ialah merebus bahan makanan di dalam air sedikit dnegan api kecil, temperatur urang deri 100 C. Proses poaching terjadi perlahan lahan sesuai bahan makanan yang mudah di masak dengan tekstur lembut.

Menyetup

Menyetup (Stewing) ialah memasak bahan makanan di dalam cairan dalam jumlah yang hampir sama dengan bahan yang dimasak. Proses stup terjadi perlahan lahan agar dapat lunak.Daging yang dimasak dengan menyetup biasanya dipotongkecil kecil. COntoh masakan ini adalah: Opor ayam, gulali kambing dll

Braising

Braising adalah metode memasak bahna makanan dengan menggunakan sedikit air/kaldu. Braising cocok untuk memasak bahn makanan yang keras dan di iris tipis tipis. 

Mengetim

Mengetim ialah memasak bahan maknandalam sebuah temapt yang dipanaskan dalam air mendidih. Mengetim terdiri dari dua buah panci yang terdiri seperti panci pengukus tapi dasar panci bagian ats tidak berlubang, Air dalam panci bagian bawah harus cukup banyak tetapi harus dijaga agar tidak masuk ke makanan. 

Mengukus 

Mengukus dilakukan dalam panci pengukus yang terdiri darii dua panci yang disusun. panci bawah berisi panci pengukus , sedangkan bagian atas tempat makanan yang di kukud dasarnya berlubang lubang. kebaikan dari mengukus adalah :
  1. Zat makanan yang tidak bannyak hilang karena tidak larut ke dalam ait 
  2. Makanan Lebih sedap dan harum 
  3. kemungkinan hangus hampir tidak ada,
kelemahan dari teknik ini yaitu waktu dan  bahan bakar yang di gunakna lebih lama

Teknik Memasak Kering 

Membakar 

Membakar ialah memasak bahan makanan dalam oven atau pan pembakar sampai masak atau kecoklatan. mengepan dapat digunakan untuk memasak:
  1.  Kue kering, Tar, Roti
  2. beberapa macam masakan untuk memperoleh lapisan kulit yang kering dan kecoklatan.  Makanan yanga dipan diletakkan dalam loyang atau cetakan. Sebelum dipakai oven harus di panaskan cukup lama terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bila makanan yang dipanggang harus mengembang dan lama maka makanan harus diletakkan di bagian bawah. Jika makanan yang dimasak harus kering, kecoklatan maka makanan di letakkan di tengah. Jika makanan harus mendapatkan lapisan coklat dipermukaanya maka diletakan di atas.

Memanggang

Memanggang adalah memasak dengan api yang  terbuka. Memanggang ada beberapa cara yaitu: 
  1. Gridding, yaitu memangang diaats sebuah diddle (lempengan besi yang diletakkan diatas perapian)
  2. pan brailing, yaitu memanggang diatas wajan datar
  3. roasting, Yaitu memasakd engan cara memanggang bahan makanan di dalam oven

Menggongseng atau Menyangan

Menyangan atau menggongseng ialah memasak bahan makanan tanpa minyak. selain membuat bahan makanan masak, juga membuat aroma yang sedap. alat yang di butuhkan yaitu wajan berdasarkan tebal, atau kuali tanah.

Teknik Masakan dengan Minyak

Menumis

Menumis ialah memasak bahan makanan dengan minyak atau lemak sedikit sambil diaduk. Bumbu yang di tumis akan mengeluarkan aroma yang sedap, sayuran lebih terasa gurih, dan bahan makanna yang di tumis menjadi lebih lembut.

Menggoreng

MEnggoreng adalah memasa bahan makanan di dalam minyak. Ada dua macam menggoreng yaitu. deep frying,  menggoreng dengan minyak banyak dan panfrying, menggoreng dengan minyak seedikit. Contoh makanan yang di goreng pan frying adalah tahu, tempe, ayam, ikan. contoh bahan makanan yang digoreng deep frying adalah kerupuk dan kentang, Bhaan makanan yang akan di goreng bisa di beri lapisan atau tanpa lapisan. Ada tiga cara bila di goreng dengan lapisan, yaitu :
  1. cara perancis, bahan makanan yang akan di goreng di lapisi dahulu dengan tepung kering
  2. cara inggris, abhan makanan dilapisi dahulu dengan tepung panir, disebut memanir, memanir dapat dikerjakan sekali dengan mencelupkan bahan makanan ke dalam telur lalu di gulingkan ke tepung panir. Memanir dua kali ialah bahan makanan di gulingkan ke tepung trigu, di celupkan ke telur, di gulingkan kembali ke tepung panir. 
  3. Cara Orly, bahan makanan yang akan di goreng di celupkan dahulu kedalam adonan tepung, telur, cairan, disebut frying batter,

Popular posts from this blog

Contoh Proposal seni Budaya : Pertunjukan Seni Musik

Contoh Proposal Usaha Kewirausahaan

Resep dan Cara Membuat Ice Milk Jelly | Jeli Susu