Tutorial Rigging Sederhana

Hello Guys !! I'm back again. kali ini  kita akna membahas tentang cara penulangan objek di aplikasi blender.
Langsung saja yaa.. 

Ringging adalah proses penulangan pada objek. Pembuatan ringging sebenarnya mudah. Cara nya yaitu :
  1. Buka objek yang akan di ragging pada apliksi blender 
  2. Pastikan object dalam mode "object mode"
  3. Tambahkan bone dengan memilih menu Add > Amerture > Bone 
  4. Maka akan muncul bone seperti dibawah ini 
  5. Geser bone ke tempat yang dikehendaki dengan menekan huruf G. Untuk megubah ukuran tekan S. Lalu ubah menjadi “Edit Mode”. Select bundaran teratas dan extrude dengan menekan huruf E. Extrude bone sesuai anatomi objek
     
  6. hasil extrude 
  7. Berikutnya, memasukkan bone ke dalam objek. Pertama ubah object data pada window sebelah kanan dan cek X-ray  maka object akan transparan 
  8.  Berikutnay ubah perspektif menjadi right ortho atau dengan menekan numpad 3 dan ubah mode menjadi object mode. Geser bone kedalam object dengan menekan numpad G + Y dan geser 
  9.   Berikutnya ubah perspektif menjadi front ortho. Kemudian select bone lalu tekan shift dan select object. Selanjutnya tekan CTRL + P dan pilih “with automatic weights”
  10. Berikutnya ubah menjadi pose mode   
  11. Untuk menggerakan object select salah satu bone yang ingin digerakkan dan klik R untuk merotasi tulang tersebut.  
sekian guys cara ragging semoga dapat membantu, bye byee!! :)

Popular posts from this blog

Contoh Proposal seni Budaya : Pertunjukan Seni Musik

Contoh Proposal Usaha Kewirausahaan

Resep dan Cara Membuat Ice Milk Jelly | Jeli Susu