Struktur dan Fungsi CPU

oke teman teman kita bertemu lagii!!. Kali ini kita akan membahas mengenai struktur dan fungsi CPU. Langsung saja ya ....

Struktur dan Fungsi CPU 

 Struktur CPU 

CPU (prosesor) merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolahan data berdasarkan instruksi-instruksi yang diberikan kepadanya. Dalam mewujudkan tugas dan fungsinya, CPU tersusun atsa beberapa komponen sebagai bagian dan struktur CPU. CPU tersusun ata beberapa komponen, yaitu :
  1. Arithmetic and Logic Unit (ALU) , berfungsi membentuk fungsi - fungsi pengolahan data komputer, ALU sering disebut bahasa mesin karena bagian ini mengerjakan instruksi - instruksi bahasa mesin yang diberikan kepadanya. ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.
  2. Control Unit, bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruhan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antara komponen dalam menjalankan fungsi -fungsi operasinya.Termasuk dalam tanggung jawab unit control adalah mengambil instruksi instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
  3. Register, adalah media penyimpanan internal CPU  yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau pun data untuk pengolahan selanjutnya.
  4. CPU Interconnections, adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU yaitu ALU, Control Unit dan Register -register dan juga bus bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.

 Fungsi CPU

Hal hal yang dilakukan CPU adalah sebagai berikut :
  1. Fetch Instruction (mengambil instruksi) yaitu CPU membaca instruksi dari memori.
  2. Interpret Instruction (menerjemahkan instruksi) yaitu CPU menerjemahkan instruksi untuk menentukan langkah-langkah yang diperlukan.
  3. Fetch Data (mengambil data) yaitu eksekusi instruksi yang mungkin memerlukan pembacaan data dari memori atau dari modul I/O
  4. Process Data (mengolah data) yaitu hasil eksekusi instruksi yang memerlukan operasi aritmatik.
  5. Write Data (menulis data) yaitu hasil eksekusi yang memerlukan penulisan data ke memori atau ke modul I/O.
 Sekian dulu ya teman teman semoga bisa membantu :)

Popular posts from this blog

Contoh Proposal seni Budaya : Pertunjukan Seni Musik

Contoh Proposal Usaha Kewirausahaan

Resep dan Cara Membuat Ice Milk Jelly | Jeli Susu